Selasa, 14 Maret 2017

SCH-721 aka NARASHANSHA

    Pada 23 Desember taun lalu Scorpion Holidays menambahkan satu armada baru dari karoseri Tentrem. dengan Balutan Flash Body Builder rangka tanpa Kontruksi tanpa sambungan dengan Kelenturan Body dari Karoseri Tentrem (Scor-Bray). Perkenalkan... SCH-721 dengan Julukan 

"NARASHANSHA"

Pesona Nusantara Khas Pulau Dewata ini diharapkan bisa membawa Angin segar di pasar Ekonomis dengan Kemewahan dan juga kenyamanan standart Bis Pariwisata Indonesia. Dengan "tulang belakang" HINO RK8 260 dan menggunakan AC Denso LD8i. Untuk Seat digunakan Kursi rimba kencana Konfigurasi 2-3 untuk 54 seat dan Kursi rimba Kencana Super Lux untuk seat 2-2 (45 seat). Super Lux juga ditambahkan sebanyak 4 seat di Smooking Room dan juga toilet di bagian belakang.

   
Seat 2-2
Seat 3-2

Kokpit SCH-721

SCH-721 dipunggawai oleh 3 kru yaitu Kang Ayus (the legend of SCH driver) sebagai driver, kang Amung Sebagai Co-driver & driver pengganti, Dan kang omon(solomon) Sebagai kru Dan co driver(tidak bisa membawa mobil). Kang ayus sendiri sudah 5 tahun mengabdi di Scorpion Holidays. Scorpion Holiday juga menyokong slogan Excellent Plesiran yang berarti Perjalanan/liburannya bisa dibilang mantap dan ga percuma. Banyak keunikan yang dijumpai pada Bus ini karena berbeda dari yang lain dan mengandung banyak nilai Filosofi. berikut ane kasih tau reviewnya..


1. Dari bagian muka bertulis NARASHANSHA.. Nah ini. Pasti anda belum tau kan apa itu Narashansha. Narashansha disebut dalam kitab Hindu Atharvaveda yang tidak lain dan tidak bukan ialah Nabi Muhammad SAW. Berikut penggalan dalam kitab atharvaveda: "Hai orang banyak, dengarlah ini dengan sungguh2 ,NARASHANSHA (Yang Terpuji) akan dibangkitkan di antara orang banyak. Kita mengambil orang KAURAM (Muhajirin) itu di dalam perlindungan kita dari 60.000 dan 90 musuh2; yang kendaraannya adalah 20 unta dan 2 unta betina, memiliki 12 orang istri, dan naik ke langit dengan kendaraan tercepat (Bouraq) ..." (ATHARVAVEDA KANDA 20 SAUKATA 127, MANTRA 1-2).


Maka, makna dari “Narashansha” adalah sama dengan “Yang terpuji”. Dan ini sama dengan arti dari kata atau nama “Muhammad” itu sendiri.

Makna kata "Kauram" itu berarti "emigran", yaitu orang yang meninggalkan negerinya sendiri, berhijrah, yang dalam bahasa Arabnya adalah "Muhajirin". Muhammad sholallahu ‘alaihi wasallam dan pengikutnya ketika berhijrah dari Makkah ke Madinah untuk menghindari gangguan dan serangan kaum kafir Makkah yang berjumlah 60.000 orang dan 90 kepala sukunya, dikenal sebagai "Kaum Muhajirin", sedangkan orang2 Madinah yang menyambutnya dikenal sebagai "Kaum Anshar". Dari sinilah tonggak dimulainya Tahun Hijiryah (“hijrah” sama dengan “pindah”). Dan kendaraan yang dipakai Muhammad sholallahu ‘alaihi wasallam dan kaumnya adalah unta dan kuda, tentu saja.

Muhammad sholallahu ‘alaihi wasallam pun memiliki 12 orang istri sepanjang hayatnya, yaitu Khadijah (meninggal dunia paling awal), Saudah, Aisyah, Hafsah, Zainah, Ummu Salamah, Zainab, Juwairiah, Raihanah, Ummu Habibah, Shafiah, dan Maimunah. Ketika Muhammad sholallahu ‘alaihi wasallam melakukan Mi'Raj dari Masjid Al-Aqsha di Daarussalaam (Yesusalem) Palestina (dalam peristiwa Isra’ Mi’raj) naik ke langit ketujuh untuk bertemu dengan Tuhan Alam Semesta, Muhammad sholallahu ‘alaihi wasallam mengendarai makhluk bernama Bouraq, yang merupakan kendaraan tercepat dalam khazanah makhluk sepanjang masa.  


2. Perbedaan Headlamp pada scorBRAY. udah keliatan Headlampnya beda sama Scorpion X biasa yang warna dasarnya putih, dan scorBRAY berwarna hitam. Dibawahnya ada Foglamp tambahan untuk menambah kesan luxury pada bagian mukanya.
Atas ScorpionX. Bawah scorBRAY


3. Inilah salah satu ciri Khas Batangannya kang Ayus. ScorBRAY. Bray sendiri adalah sapaan/panggilan akrab para kru Dan para fans SCH sehari hari.
scorBRAY


4. Masih di samping kanan dan kiri ada tulisan Bus Para... Para.. Parawanitaa (what!) Ya, Unit Scorpion Holidays ini pada musim tamu China suka membawa tamu/tourist yang notabene nya adalah mayoritas Wanita. Dan secara kebetulan, pemegang batangan unit itu pun juga digemari dan banyak fans nya dari kalangan wanita. Walaupun banyak juga Fans Para Bismania yang suka dengan sosok Profil Kang Ayus. Maka, terdapat tulisan di Body "Bis Parawanita".Maksud tulisan tersebut bukan plesetan atau mengesampingkan aturan dasar standarisasi bis pariwisata. Tulisan "Bis Parawanita" hanyalah sebagai Produk Market untuk menarik tamu sebagai daya Jual. Dan kaligrafi dari potongan Quran Surat Ar-Rahman yang berbunyi Fabiayi allairobbikuma Tukadziban" yang artinya "Maka nikmat Tuhan Manakah yang kami Dustakan" Maka dari Manajemen SCH selalu mengingkatkan para crew khusus nya dan para tamu (muslim) tentang makna dan arti kata dari satu ayat Ar-Rahman.

5. Jika kita melihat dari jauh akan nampak Livery dari SCH yang tidak biasa. Yaitu menanjak/naik ke atas, yang artinya banyak peningkatan/progress pada SCH. Livery ini adalah hasil rancangan pak enyon dan desainer putra tibob. Di SCH 721 terdapat motif kain bali.


6. Mungkin kita terheran heran dengan kalimat berbahasa China ini. Kira kira bertulis seperti ini
欢迎到巴厘岛 yang artinya Selamat datang Di Bali.

7. Ada tambahan spoiler dibagikan atas. Ini merupakan Varian Scorpion X pertama yang menggunakan spoiler.


8. Masih di belakang... Ada emblem HINO tapi dibalik menjadi ONIH. Kenapa? Karena jika turis mengambil gambar suatu brand di Indonesia, lalu membawa/menunggahnya ke luar negeri/negeri asalnya dia akan kena tax. Itulah kenapa Scorpion Holidays tidak pernah menampilkan brand dari bus nya.




9. Ini nih yang lucu Di bawah plat nomor Narashansha ini ada tulisan "Jika anda dapat membaca tulisan ini, maka jarak anda terlalu dekat bray!!" .Jadi kalo yang suka nempel nempel kaya di pantura gitu bisa ngebaca tulisan itu :v


11. Heterometrus Spinifer. Adalah salah satu Spesies dari family Scorpionidae. Bus bus dari SCH memang diberi tempelan bertulis Spesies Spesies Kalajengking dari order Scorpiones. Pada SCH-721 disisi samping belakangnya terpasang Led "neon" Khas selendang setra. Hanya saja dibalik posisinya.

Sebagai penutup, ts akan bahas keunikan bus pariwisata Scorpion Holidays yakni semua plat nomor bus kalau di jumlah berangka 9 yakni Z 7515 DA, DB, DC, DD, DE, DF, DG, DH, DI dan selanjutnya. Begitu pula dengan tanggal lahir pemilik yakni 7 November 1979 dan sang istri 7 November 1983 serta akta perusahaan Scorpion Holidays 7 November 2009. Final single digitnya angka 9, yakni 7 November (7 + 11 =18 dan 1+8=9).

Itu tadi beberapa Review keunikan Dan Filosofi dari SCH-721 ini. Hmmm untuk lebih jelasnya tonton aja Di  YouTube :v

"... Mewah itu ga Harus Mahal, Beda Bus Beda Cerita Bersama SCH-721 Narashansha Dan Drivernya Kang Ayus ...'


Sumber: - Review SCH-721 by Indonesian Bus Channel.
                - Dokumen Pribadi.
                - JakBus

Sumber : http://arkanhardollin.blogspot.co.id/2016/02/sch-721-aka-narashansha.html
Share:

1 komentar: